'/> Perbedaan Senyawa Dan Campuran

Info Populer 2022

Perbedaan Senyawa Dan Campuran

Perbedaan Senyawa Dan Campuran
Perbedaan Senyawa Dan Campuran

ContohSoal.co.id – Apa perbedaan senyawa dan campuran ? mari sebelum kita membahas lebih jauh perihal senyawa dan adonan ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu materi sebelumnya mengenai campuran dan pemisahan campuran. Materi pada kali ini akan kita bahas mengenai perbedaan senyawa dan adonan beserta pola dan pengertiannya lengkap. Untuk itu mari kita simak klarifikasi lengkapnya berikut ini.


Materi didefinisikan sebagai sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Dengan demikian, semua yang menyusun alam semesta niscaya merupakan materi, lantaran tidak ada penyusun alam semesta yang tidak mempunyai massa dan tidak menempati ruang. Misalnya meja, kursi, buku, dan bahkan badan kita juga termasuk materi.


Berdasarkan banyak jenis penyusunnya, materi diklasifikasikan menjadi dua, yaitu zat tunggal atau zat murni dan campuran. Selanjutnya zat tunggal sanggup diklasifikasikan lagi menjadi unsur dan senyawa. Campuran sendiri masih sanggup dibedakan menjadi larutan (campuran yang homogen) dan campuran heterogen atau adonan kasar.


Jadi, secara garis besar materi sanggup digolongkan menjadi tiga, yaitu unsur, senyawa, dan campuran. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal perbedaan antara senyawa dan adonan yang mencakup perbedaan sifat, komponen penyusun, proses pembentukan, perbandingan massa dan teknik pemisahannya. Namun sebelum itu, kita bahas pengertian dan pola senyawa dan adonan berikut ini.


 mari sebelum kita membahas lebih jauh perihal senyawa dan adonan ada baiknya kita pelaj Perbedaan Senyawa dan Campuran


Pengertian Senyawa


Apakah yang dimaksud dengan senyawa? Untuk memahami pengertiannya perhatikan aktivitas sebagai berikut: Apabila gula ditaruh dalan sendok dan dibakar di atas api maka akan berkembang menjadi warna hitam dan berasa pahit, sifat ini sangat berbeda terhadap gula yang berasa elok dan putih.


Gula merupakan senyawa sedangkan gula yang dibakar berubah hitam merupakan unsur karbon, alasannya gula tersusun dari hidrogen, oksigen dan karbon (C12H22O11). Makara senyawa merupakan zat murni yang terbentuk dari dua atau lebih unsur melalui reaksi kimia, senyawa sanggup juga diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya, disamping itu sifat-sifat unsur berbeda dengan sifat-sifat senyawa.


Senyawa adalah zat gres yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur melalui reaksi kimia bereaksi dengan satu sama lain.


Misalnya air (H2O) merupakan gabungan antara hidrogen dan oksigen (yang berupa gas) dan bersifat membantu pembakaran (mudah terbakar) sedangkan air merupakan zat yang meredam pembakaran. Air sanggup dipisahkan menjadi unsur oksigen dan hidrogen dengan cara elektrolisis.


Pengertian Campuran


Setiap makluk hidup selalu bernafas dan menghirup udara dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), di dalam udara yang dihirup makluk hidup bercampur aneka macam gas. Contohnya hidrogen, oksigen, karbondioksida, nitrogen dan lainnya, demikian juga minuman dalam kaleng (soft drink), anak timbangan (kuningan), dan adonan materi bangunan atau adonan masakan ringan elok juga merupakan campuran. Apakah yang di maksud dengan campuran?


Untuk memahami pengertian campuran, perhatikan aktivitas sebagai berikut: Jika satu sendok garam di campur dengan air di dalam gelas maka air akan terasa asin. Partikel-partikel garam tetap ada di dalam air tetapi partikel-partikel garam tidak sanggup di lihat meskipun dengan mikroskop.


Sebab garam larut dalam air. Campuran yang demikian dinamakan adonan homogen atau larutan. Campuran homogen tidak selalu dalam wujud cair tetapi ada juga yang berbentuk gas atau padat contohnya logam.


Walaupun sifatnya serba sama (homogen), larutan bukanlah merupakan senyawa, alasannya pada larutan, sifat-sifat zat penyusunnya masih sanggup dikenali, contohnya rasa air garam sama dengan rasa garam yaitu asin Bagaimana kalau kopi yang bukan instan dicampur dengan air? Jika diendapkan beberapa ketika apakah kesannya sama dengan larutan garam dalam air?


Jika satu sendok kopi dilarutkan dalam air dan di diamkan beberapa ketika maka serbuk kopi akan mengendap dan cuilan atas warnanya berbeda dengan yang bawah. Campuran yang demikian dinamakan adonan heterogen (serbaneka) alasannya masih sanggup dibedakan antara zat terlarut dalam cairan dengan pelarutnya.


Dari klarifikasi di atas, maka sanggup disimpulkan definisi dari campuran, yaitu sebagai berikut.


Campuran adalah gabungan suatu bentuk yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih dan masih mempunyai sifat-sifat zat asalnya dimana tidak ada reaksi kimia berlangsung.


Contoh Senyawa


Berikut ini yakni beberapa pola senyawa yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk tabel.


Contoh Senyawa dan Manfaatnya






















































































Senyawa


Rumus Kimia


Manfaat


Natrium klorida


NaCl


garam dapur


Natrium hidroksida


NaOH


pengering


Sukrosa


C12H22O11


pemanis


Asam sulfat


H2SO4


Elektrolit


Urea


CO(NH2)2


pupuk


Asam klorida


HCl


pembersih lantai


Magnesium Hidroksida


Mg(OH)2


obat penawar asam


Aspirin


C9H8O4


pengurang rasa sakit


Soda kue


NaHCO3


Membuat roti


Karbon dioksida


CO2


penyegar minuman


Kalsium karbonat


CaCO3


Bahan bangunan


Asam Askorbat


C6H8O6


vitamin C


amoniak


NH3


pendingin


sam Asetat


CH3COOH


cuka makanan


Air


H2O


minuman


Contoh Campuran


Berikut ini yakni beberapa pola adonan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk tabel.


Contoh Campuran dan Fungsinya

























































Nama Campuran


Zat Penyusun


Fungsi


Air kopi


Air dan kopi


Minuman


Air gula


Air dan gula


Minuman


Udara


O2, CO2, N2 dan H2O


Pernafasan


Sirop


Air, gula, dan pewarna


Minuman


Perunggu


Tembaga, zeng, timah


Medali


Kuningan


Tembaga, zeng


Ornamen


Stainless stell


Besi, krom, nikel


Alat dapur, alat kesehatan


Emas putih


Emas, perak, tembaga


Perhiasan


Tenol


Timah, timbal


Penyambung kabel ketika menyoder



Perbedaan Senyawa dan Campuran


Setelah kalian mengetahui pengertian dan pola senyawa dan campuran, dapatkah kalian membandingkan sifat antara keduanya? Tahukah kalian ciri-ciri pokok antara senyawa dan campuran? Mari kita amati tabel berikut ini.


Perbedaan antara Senyawa dan Campuran






































Keadaan


Senyawa


Campuran


Penyusun


Disusun oleh beberapa unsur saja


Disusun oleh beberapa unsur atau beberapa senyawa


Sifatnya


Sifat komponen penyusun senyawa berbeda dengan aslinya


Sifat komponen penyusun adonan sesuai dengan sifat masing-masing


Proses pembentukan


Terbentuk melalui reaksi kimia


Terbentuk melalui perubahan fisika bukan melalui reaksi kimia


Perbandingan massa


Perbandingan massa unsur-unsur penyusunnya tetap dan tertentu


Perbandingan massa zat penyusunnya tidak tentu


Cara pemisahan


Melalui proses kimia komponen penyusun senyawa sanggup dipisahkan


Melalui proses fisika komponen penyusun adonan sanggup dipisahkan




Ringkasan Perbedaan Senyawa dan Campuran



  • Dalam senyawa, ada ikatan kimia antara unsur-unsur, sementara tidak ada reaksi kimia atau ikatan antara unsur-unsur dalam campuran.

  • Jumlah unsur dari senyawa akan tetap, sedangkan jumlah unsur dari adonan yakni variabel.

  • Partikel pada senyawa tidak sanggup mempertahankan sifatnya masing-masing, akan tetapi pada partikel adonan mempertahankan sifatnya.

  • Untuk memisahkan komponen senyawa akan membutuhkan input energi yang besar, sedangkan komponen adonan sanggup dipisahkan dengan mudah.

  • Senyawa dibentuk melalui proses reaksi kimia, sedangkan adonan dibentuk melalui cara mekanis dan tidak sulit.


Demikianlah klarifikasi perbedaan senyawa dan adonan beserta pola dan pengertiannya pada kali ini, biar artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah pengetahuan kita semua.


Artikel lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar