'/> Karangan Eksposisi

Info Populer 2022

Karangan Eksposisi

Karangan Eksposisi
Karangan Eksposisi

ContohSoal.co.id – Apa itu karangan eksposisi?? nah sebelum kita masuk kepokok materi, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai contoh teks eksposisi. Pada materi kali ini akan membahas mengenai pola karangan eksposisi, ihwal pendidikan, kesehatan, ilustrasi dan ekonomi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Karangan Eksposisi


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi yakni sebuah goresan pena yang terdiri dari paragraf-paragraf eksposisi yang bertujuan untuk memaparkan, memberi keterangan, atau memperlihatkan gosip yang sejelas-jelasnya kepada para pembacanya dengan gaya penulisan yang akurat dan padat.


Ciri-Ciri Karangan Eksposisi



  • Memberikan dan mengambarkan gosip supaya pembaca sanggup tahu dan paham

  • Memberikan sesuatu kepada pembaca sesuai dengan fakta

  • Memberikan analisis secara objektif terhadap fakta

  • Menggambarkan proses dari insiden yang terjadi

  • Mempunyai sifat netral dan tidak ada unsur mensugesti atau memaksa kehendak pembaca.


Contoh Karangan Eksposisi


simak berikut ini:


Contoh Karangan Eksposisi Tentang Lingkungan


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi


Tesis :


Diera milenial menyerupai kini ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Banyak di jumpai pada pusat-pusat kota orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Hal ini sanggup dilihat dari jumlahnya susukan sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap ketika sanggup menimbulkan peristiwa banjir.


Argumentasi :


Hasil dari para pakar pengamat menyimpulkan  yang mana pada setiap tahunnya jumlah insan yang melaksanakan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka alasannya tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tidak sedikit korban yang mengalami cidera pada tubuhnya tapi juga ada sebagian korban yang tewas akhir peristiwa tersebut, namun hal ini tak menciptakan mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.


Penegasan Ulang :


Semestinya, ketika peristiwa tersebut berhimbas pada mereka yang disebabkan oleh ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang.



Contoh Karangan Eksposisi Singkat


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Orang yang gampang lupa lantaran ia tidak melatih otaknya untuk mengingat. Biasanya orang kalau melihat wajah mereka gampang mengenali, namun kalau menghafal nama merka niscaya lupa. Mengaapa denmikian?


Karena pada hakikatnya insan muda mengingta lantaran pengalamannya melihat, semua niscaya mencicipi hal yang sama.


Bukan hanya argumen dsaja, daya ingat mengenai mata atau alat indra pengiatan lebih terekam daripada suatu hal yang dihafalkan, lantaran kalau di hafal akan gampang lupa, namun kalau dipahami akan selalu teringat.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi


1. Tesis :


Siri merah yakni jenis flora yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan flora obat. Pada jenis flora obat ini dalam dunia kesehatan mempunyai peranan yang sangat dibutuhkan.


2. Argumetasi :


Ada beberapa seorang peneliti mengungkapkan flora ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan flora ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini sanggup berhasiat alasannya ada unsur senyawa katif yang terkandung di dalam, menyerupai minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.


Penegasan Ulang :


Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa digunakan menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Argumentasi Pendidikan


Tesis:


Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang digunakan sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang usang digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum menggunakan kurikulum 2016.


Argumentasi:


Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang mempunyai ratifikasi A atau sekolah yang standard internasional


Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya yakni harus sanggup terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya menyampaikan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.


Pada keterangan di Kurikulum 2013 juga dinyatakan mengenai untuk fokus kepada korelasi pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.


Isi dari Kurikulum 2013 yakni untuk menuntut siswa semoga sanggup aktif pada proses belajar, maka yang diperlukan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.


Penegasan Ulang:


Meskipun akan menciptakan mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang lantaran materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.


Contoh Karangan Eksposisi Ilustrasi 


“Sebuah pohon tidaklah besar dengan sendirinya. Sebelum menjadi pohon yang tinggi nan menjulang, pohon tersebut lebih dulu menjadi sebuah biji yang ditanam di dalam tanah. Biji tersebut kemudian melalui proses yang sangat panjang sebelum menjadi sebuah pohon yang menjulang tinggi, menyerupai : rajin untuk disiram dan diberi pupuk.


Ilustrasi ini sangat cocok untuk menggambarkan sebuah proses pendidikan yang semestinya. Karena makna dari ilustrasi ini yang mana setiap pendidikan harus berorientasi pada proses menyerupai halnya ilustrasi pohon diatas. Pendidikan yang berorientasi proses memang sangat memakan waktu yang begitu lama, namun hasil yang akan didapat akan jauh lebih baik dibandingkan hasil yang didapat dari proses pendidikan yang instan.


Dengan cara menyerupai itu jadi para pendidik harus bisa menjadikan proses sebagai orientasi utamanya dalam mendidik penerima didik mereka.”


Contoh Teks Eksposisi ihwal Ekonomi


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Mungkin kita sudah tidak abnormal lagi mengenai idelogi yang di anut oleh Cinha merupakan ideologi komunis yang sudah berlangsung sangat usang bahkan masih eksis hingga sekarang. Ditengah-tengah efek liberalisasi, China masih saja bangkit kokoh bahkan semakin menojolkan diri bersama ideologinya. Yang menjadi perhatian yang sanagt menarik untuk dikaji yaitu ekonomi China yang kini menjadi motor penggagas ekonomi gres Asia.


Pada pemerintahan China boleh saja Komunis, akan tetapi tidak dengan sistem ekonominya. China menganut sistem ekonomi Capitalism without democracy. Dengan adanya sistem China menerima julukan sebagai One state two sistem. China kini terus menggenjot perekonomian dibidang manufaktur dan industri. Laju ekonomi China mencapai rata-rata 10% pertahunnya. Angka yang sangat fantastis kalau dibandingkan negara yang memang pada awalnya menganut sistem liberal-kapitalis menyerupai Amerika serikat.


Sumber daya masyarakat China yang melimpah bisa membawa China pada perekonomian yang sagat diperhitungkan dimata Internasional. Hampir 50% produksi barang mentah maupun jadi dunia dihasilkan dari China. Tentu saja hal tersebut menimbulkan ketegangan negara tetangga terlebih lagi bagi negara yang merasa tersaingi dengan reformasi ekonomi China.


Demikianlah materi Karangan Eksposisi : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya Singkat kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah ilmu pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:






Advertisement

Iklan Sidebar