'/> Pengertian Manajemen Yakni : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya

Info Populer 2022

Pengertian Manajemen Yakni : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Yakni : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya
Pengertian Manajemen Yakni : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya

Pengertian manajemen – Materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian Akuntansi. Namun kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Administrasi beserta fungsi, tujuan, ciri-ciri, jenis-jenis berdasarkan para ahli. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini :


Pengertian Administrasi


 Materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Pengertian Administrasi Adalah : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan dan Fungsinya
Pengertian Administrasi

Apa yang dimaksud dengan administrasi? Pengertian Administrasi yaitu sebuah bentuk perjuangan dan kegiatan yang bekerjasama dengan pengaturan kebijakan semoga sanggup mencapai target/ tujuan organisasi. Maka, sanggup dikatakan bahwa manajemen juga punya peranan yang sangat krusial dalam semua kegiatan sebuah organisasi.


Selain itu, pengertian manajemen secara sempit sanggup diartikan sebagai bentuk kegiatan yang mencakup catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Melainkan pengertian manajemen itu sendiri secara luas yaitu semua proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai sasaran dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.


Definisi administrasi tersebut sanggup kita ketahui melalui 3 hal penting berikut ini:



  • Administrasi yaitu sebuah seni sekaligus proses. Dalam seni, manajemen membutuhkan kiat khusus yang sifatnya kondisional dan situasional alasannya selalu terkait dengan situasi, kondisi, waktu, dan tempat.

  • Dalam manajemen terdapat unsur-unsur tertentu, diantaranya; terdapat dua atau lebih orang di dalamnya, terjadi kerjasama antar orang tersebut yang sifatnya formal dan hirarkis, mempunyai tujuan, terdapat tugas, ketersediaan sarana dan prasarana.

  • Adapun manajemen dikatakan ada secara bersamaan dengan adanya peradaban manusia, dimana manajemen tersebut untuk mencapai tujuan bersama.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Terdapat beberapa orang andal pada bidang manajemen menjelaskan wacana definisi administrasi, diantaranya yaitu :



1. George R. Terry


Menurut George R. Terry, pengertian manajemen yaitu kegiatan pengendalian dan perencanaan pekerjaan perkantoran, dengan penggerakan mereka yang melaksanakannya semoga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


2. Arthur Grager


Pengertian manajemen yaitu sebagai fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.


3. Sondang P. Siagian


Menurut Sondang P. Siagian yaitu pengertian dari manajemen ialah suatu hasil dari proses kerjasama antara dua orang atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.


4. Ulbert


Menurut Ulbert, dalam artian luas arti manajemen yaitu penyusunan dan pencatatan data/ gosip secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan defenisi manajemen dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.


5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson


Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, pengertian manajemen yaitu suatu bab dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilakukan.


Unsur-Unsur Administrasi


Pada lain hal memahami pengertian administrasi, ada beberapa unsur penting yang wajib ada pada sebuah bidang bisnis. Menurut The Liang Gie, terdapat 8 unsur yang harus ada:


1. Organisasi


Tempat dimana kegiatan manajemen dilakukan. Dalam bisnis, orang-orang yang bekerja di dalamnya akan dihimpun mejadi sebuah wadah.


2. Managemen


Alat utama pelaksanaan administrasi. Ada pengatur, penggerak, manajer dan tenaga operasional. Dalam manajemen ini telah dibagi menjadi tiga kelompok; top management, middle management dan lower management (mandor).


3. Komunikasi


Administrasi juga mengatur pola komunikasi antar departemen. Misalnya melalui surat atau warta.


4. Kepegawaian


Ini berkaitan dengan penggunaan ternaga kerja. Dalam manajemen ada proses yang saling berhubungan, yaitu; penerimaan, penempatan, pendayagunaan dan pemberhentian kerja.


5. Keuangan


Pada keuangan ini sangat berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerjasama, yaitu mulai dari cara memperoleh dana sampai pertanggungjawabannya.


6. Perbekalan


Berhubungan dengan pengadaan barang, penyimpanan dan penyingkiran. Pihak manajemen akan menentukan mana barang yang diharapkan untuk kerja dan tidak.


7. Tata usaha


Meliputi kegiatan pencatatan, penyimpanan dan pengiriman.


8. Public Relation


Adapun manajemen akan mewujudkan suatu peraturan untuk bagaimana bekerjasama dengan masyarakat terutama konsumen.


Ciri-Ciri Administrasi


Administrasi mempunyai beberapa karakteristik/ciri-ciri antara lain sebagai berikut:


Pada kegiatan manajemen terdapat beberapa karakteristik/ciri-ciri yang gampang dikenali, diantaranya adalah:



  • Administrasi mempunyai tujuan yang jelas

  • Di dalam manajemen terdapat sejumlah kelompok orang  yang terdiri dari dua individu atau lebih

  • Administrasi selalu bekerjasama dengan kegiatan kerjasama

  • Di dalam Administrasi terdapat perjuangan atau proses kerja

  • Pada kegiatan di dalam manajemen selalu saja terdapat kepemimpinan bimbingan, dan pengawasan


Tujuan Administrasi


Adapun tujuan manajemen diantaranya yaitu:



  • Agar seorang perjuangan sanggup memantau kegiatan manajemen perusahaannya.

  • Agar seorang pelaku perjuangan sanggup menilai kegiatan2 pengorganisasian perusahaan.

  • Agar seorang pelaksana perjuangan sanggup menata agenda peningkatan perjuangan dan kegiatan pengorganisasian.

  • Agar seorang pelaksana perjuangan sanggup mengamankan kegiatan-kegiatan perjuangan dan organisasi perusahaan.


Fungsi Administrasi


Berikut ini yaitu beberapa fungsi manajemen dalam organisasi:


1. Planning (Perencanaan)


Planning yaitu kegiatan perencana yang membutuhkan sebuah kegiatan administrasi, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, sampai penyusunan perencanaan.


2. Organizing (Penyusunan)


Yang dimaksud Organizing yaitu suatu kegiatan menata dan membuat komunikasi kerjasama antara anggota2 dalam organisasi sehingga akan tercapai suatu kesatuan perjuangan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut


3. Coordinating (Kordinasi)


Adapun yang dimaksud Coordinating ialah salah satu dari fungsi manajemen yang tugasnya melaksanakan sejumlah aktifitas supaya berjalan baik dengan menjauhi dikala terjadinya suatu kekacauan, bentrok, kekosongan kegiatan yang dilaksanakan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerjasama yang terjadwal dalam suatu perjuangan untuk mencapai suatu tujuan organisasi.


4. Reporting (Laporan)


Reporting yaitu kegiatan penyampaian hasil atau perkembangan dari suatu kegiatan dengan membuat dan menawarkan laporan dari kiprah dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik ekspresi ataupun goresan pena untuk mendapat citra wacana pelakasanaan kiprah para anggota organisasi.


5. Budgeting (Penyusunan Anggaran)


Budgeting yaitu kegiatan perencanaan dan pengelolaan keuangan atau anggaran dalam organisasi yang dilakukan secara berkelanjutan.


6. Staffing (Penempatan)


Staffing yaitu kegiatan yang berhubuungan dengan sumber daya insan dan sumber daya lainnya dalam sebuah organisasi; mulai dari perkrutan tenaga kerja, pengembangan, perlengkapan di dalam organisasi tersebut.


7. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)


Directing yaitu kegiatan berinteraksi dengan anggota organisasi dalam bentuk memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, semoga kiprah dijalankan dengan baik guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen kali ini,Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan kita


Artikel Lainnya :





Advertisement

Iklan Sidebar