Tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa poster adalah media yang sangat strategis untuk publikasi, hal ini sanggup kita cermati dari banyaknya poster-poster yang terpampang terang ditempat-tempat umum menyerupai mall, pasar, alun-alun, dan lain-lain. Mempublikasi sesuatu dengan poster juga relatif ludang keringh murah ketidak seimbang dengan publikasi dimedia-media elektronik menyerupai radio, televisi, website dan sebagainya. So, sudah terbukti bahwa poster adalah media publikasi yang strategis, dan ini pembahasan singkatnya.
Source : https://www.flickr.com/photos/jbql/11700997186/
Kenapa poster disebut media publikasi yang strategis?
Sudah semenjak dulu poster dipakai sebagai media untuk memberikan gosip kepada masyarakat umum, ketika itu media elektronik masih minim sekali, tidak ada televisi, radio ataupun internet menyerupai zaman sekarang. Walaupun demikian, poster terbilang htangguh dalam mempublikasikan sesuatu kepada khalayak ramai. Dan inilah beberapa alasan kenapa poster disebut sebagai media publikasi yang strategis
- Pada umumnya poster dipasang ditempat-tempat umum yang notabene banyak dilalui masyarakat luas sehingga kemungkinan besar pesan akan tersampaikan kepada khalayak ramai yang membacanya.
- Poster dibentuk dengan singkat, jelas, padat, dan menarik dengan perpaduan antara gambar dan kata-kata sehingga hal ini praktis dicerna oleh pembaca (informasinya tersampaikan kepada pembaca).
- Poster merupakan media publikasi yang relatif murah dibandingkan dengan media-media lainnya menyerupai iklan televisi, radio, dan website. Hal ini sangatlah penting,utamanya untuk perusahaan.
Lalu, apa tujuan pembuatan poster?
Secara umum poster tidak berbeda dengan media-media lainnya yang fungsinya untuk memberikan gosip dari suatu pihak kepada pihak lain dengan gambar, kata-kata atau kombinasi antara keduanya. Tetapi pada kenyataannya poster dibedakan akan banyak sekali macam tergantung tujuan pembuatannya. Dan inilah 10 macam poster menurut tujuan pembuatannya:
- Memdiberikan semangat untuk berjuang didalam kehidupan (Poster Propaganda)
- Mencari simpati kepada masyarakat umum (Poster Kampanye)
- Mencari orang yang hilang atau pekerja yang akan dipekerjakan (Poster Dicari)
- Menarik perhatian masyarakat umum (Poster Cheesecake)
- Mempopulerkan sebuah film yang akan ditayangkan (Poster Film)
- Mempopulerkan buku-buku komik kadab diterbitkan (Poster Komik)
- Memotivasi para pembacanya untuk menjadi ludang keringh baik (Poster Afirmasi)
- Mempromosikan acara riset kepada masyarakat umum (Poster Riset)
- Memdiberika motivasi kepada siswa-siswi yang ada didalam kelas (Poster Kelas)
- Mempromosikan barang dan jasa kepada konsumen (Poster Komersil)
Advertisement