'/> Contoh Cerpen

Info Populer 2022

Contoh Cerpen

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

ContohSoal.co.id – Apa itu cerpen?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas cerita fantasi. Materi kali ini kita akan membahas mengenai teladan cerpen, pengertian, ciri, cerpen terbaik,  lucu, pendidikan, cinta dan pengalaman pribadi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Cerpen


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Cerpen (cerita pendek) ialah merupakan jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan/menggambarkan suatu kisah yang dialami oleh suatu tokoh secara ringkas disertai dengan aneka macam konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari duduk masalah yang dihadapi.


Ciri Ciri Cerpen


Berikut merupakan ciri cerpen:



  • Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.

  • Selesai dibaca dengan sekali duduk.

  • Bersifat fiktif.

  • Hanya mempunyai 1 alur saja (alur tunggal).

  • Isi dari dongeng berasal dari kehidupan sehari-hari.

  • Penggunaan kata-kata yang gampang dipahami oleh pembaca.

  • Bentuk goresan pena yang singkat (lebih pendek dari nove).

  • Penokohan dalam dongeng pendek sangat sederhana.

  • Mengangkat beberapa kejadian saja dalam hidup.

  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut mencicipi isi dari dongeng pendek tersebut.


Struktur Cerpen


Berikut ini yakni beberapa struktur dari cerpen:



  • Abstrak – Tedapat diawal kalimat pada bab ini menjadi sebuah rangkuman singkat mengenai penggambaran  dongeng yang berlangsung dalam cerpen tersebut.

  • Orientasi –  Mengandung sebuah waktu kejadian, suasana dan daerah yang digunakan.

  • Komplikasi – merupakan sebuah relasi mengenai alasannya yakni dan jawaban pada suatu kejadian.

  • Evolusi – merupakan pengarahan permasalahan yang akan menjadi semakin memanas.

  • Resolusi –  penggambaran permasalahan yang sedang terjadi.

  • Koda – suatu hikmah atau nilai yang sanggup di petik oleh para pembaca..


Contoh Cerpen



 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen

Contoh Cerpen – Penulis akan memperlihatkan beberapa teladan cerpen singkat yang sanggup kau jadikan reverensi untuk kiprah belajar


Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen

Pada suatu malam yang cerah, Pastinya setia dewasa akan mengatur pertemuan untuk menghabiskan waktu malam tersebut. Tapi ada yang berbeda  dengan Ani, lantaran ia lebih suka melewati malam mingguannya dengan belajar, lantaran kebetulan esok ia akan menghadapi ujian selesai semester.


Lalu kemudian terdengar bunyi telepon berdering, yang ternyata telfon tersebut dari temannya yang berjulukan Lia, ia memberika kabar bahwa besok beliau ingin mengajak Ani untuk bermain. Kemudian  Ani menolak seruan tersebut , lantaran ia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi uas.


Keesokan harinya Ani bertemu Lia di sekolah. Lia menyampaikan bahwa Ani niscaya akan menyesal lantaran ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.


Lalu selang beberapa detik ia masuk sekolah ternyata UAS akan dimulai pada dikala itu, Ani pun penuh dengan semangat mengerjakan soal tersebut ,Berbeda dengan Lia sendiri yang duduk di pojokan kelas dan meras kebingungan yang terlihat ia menoleh sana-sini  mencari contekan. lantaran sebelumnya ia tidak pernah mempersiapkan diri untuk ujian tersebut.


Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen



Siang itu Ani sedang mendengarkan musik di kamar. Tiba-tiba ada bunyi ketukan pintu. Tentu saja ia bergegas untuk membukakan pintu. Namun ternyata tak ada orang di luar. Namun ia melihat ada kotak di depan pintu. Dengan penuh heran ia pun mengambil dan masuk ke dalam rumah.Ketika di buka ternyata isinya yakni boneka dan surat yang berisi “Aku tunggu kau di taman pinggir kota, kini juga”


Dengan begitu besar rasa penasarannya , maka kemudia Ani pun mencoba tiba ke taman kota. Ternyata yang mengundangnya yakni Anton. Tak disangka, Anton pun bermaksud menembak Ani. Tentu saja Ani menerika cintanya, alasannya yakni Anton merupakan laki-laki yang ia sukai semenjak SMA.


Contoh Cerpen Terbaik


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen


sahuur..sahuurr..imsak kurang 20 menit lagi..


Bau aroma kuliner yang siap untuk di santap, sudah menarik hati perutku. Aroma tersebut berasal dari kuliner gorengan telur dan sayur sop dilengkapi dengan krupuk hmm, sungguh nikmat sambil menonton televisi dan duduk bersila, ibuku berada di samping kiriku sedangkan ayahku duduk di atas dingklik yang sempurna di depan televisi. Aku merasa hangat jikalau berada diantara ayah dan ibuku, lantaran hanya saya anak semata wayangnya. Kami tidak menyadari bahwa kami berada dipenghujung puasa ,  rasanya terlalu singkat bulan yang penuh hikmah tersebut dan kami tak ingi cepat berakhir lantaran hanya pada bulan mulia ramadhan kami bisaberkumpul dan melakukan sahur bersama- sama ,dan menyiapkan diri untuk berpuasa sehari penuh.


Kemudian kami mempersiapkan diri untuk menyambuthari raya  Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga besar menyambung silaturahmi yang mungkin pernah terputus dan saling bermaaf-maafan.


Contoh Cerpen Singkat Persahabatan


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen

Pada suatu dimana pada dikala itu siang hari yang begitu cerah, Ada dua orang gadis dewasa berjulukan Rara dan Tina pada dikala itu ia tengah mengerjakan kiprah sekolah di rumah Rara


Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau saya sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.


Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau saya sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.


Dari luarnya beliau memang orang yang baik, ramah dan juga manis. Tapi masa kau mengukur sifat seseorang hanya dengan itu saja. Dia itu bagus di luar namun di dalamnya pahit tahu.” Jawab Rara setengah sinis.


“Pahit gimana Ra?” Ujar Tina kembali bertanya.


“Dia itu sering membicarakan keburukan orang lain. Bahkan di belakang ia sering membicarakan temannya sendiri. Pokoknya banyak yang tidak sanggup saya jelaskan Tin. Lihat saja diri kamu. Kamu memang judes, ceplas ceplos denganku. Namun setidaknya kau mempunyai hati yang ikhlas Tin. Bukan sahabat yang dari luarnya baik namun dalamnya busuk.


Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi




 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Cerpen
contoh cerpen

Trauma


Terdengar bunyi ketukan pintu dari luar.


“Silakan masuk.” Sambung Pak Toni dari dalam ruangan.


“Maaf, Pak Toni ada, Pak?” Kata Pemuda yang tiba untuk interviwe.


“Engga, silakan keluar!“


“Baiklah.”


Kata perjaka tersebut “Di mana Pak Toni? Kenapa OB yang berada di dalam?” .


“Ya yang di dalam tadi itu Pak Toni. Begitulah beliau terkadang beliau suka menyamar menjadi OB untuk mengetes karyawannya.” Ia menjelaskan.


“Maksudnya?”


“Dari hasil interviwe tadi kau telah dinyatakan tidak lulus, Begitulah cara Pak Toni mengetes semua para calon karyawannya. Karena beliau trauma dengan beberapa karyawannya lantaran materi.”



Demikianlah bahan Contoh Cerpen Terbaik Pendidikan, Pengalaman Pribadi, Lucu, dan Cinta kali ini, biar artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah wawasan kita semua.


Artikel Lainnya:









Advertisement

Iklan Sidebar